Penguningan Yellowing Effect pada Lem Epoksi Karena Sinar Matahari


Yellowing pada lem akibat exposure UV dan panas matahari

Mengapa lem cenderung menguning ketika diletakkan di luar ruangan?

Penggunaan lem di outdoor seringkali menyebabkan perubahan warna yang pada umumnya menjadi kuning, hal ini bakal terlihat lebih jelas ketika lem yang kita gunakan berwarna putih, transparant, atau warna cerah. Pada kondisi outdoor yang dimana terkena eksposure dari sinar matahari berupa sinar UV dan panas yang berubah-ubah mempengaruhi penampilan luar lem. Problem ini biasa berpengaruh pada produk lampu otomotif, lampu outdoor, coating solar panel, dan produk lainnya yang memerlukan warna lem tetap netral dan jernih selama masa pakainya.


Pada kasus di lem epoxy resin hal ini terjadi karena mekanisme degradasi dari Bisphenol A Polycarbonate (BPA-PC) yang sering dipakai dalam bahan lem seperti epoksi, mengalami degradasi ketika terkna radiasi sinar UV. BPA-PC sendiri digunakan untuk meningkatkan durabilitas lem dan efek anti-korosi.


Cara Mengetes Produk Lem Tahan Terhadap Eksposure Sinar UV

QUV Environmental Test Machine (Source: q-lab.com)

Pada dasarnya tidak ada lem epoksi yang tahan 100% terhadap penguningan dan sinar UV, degradasi bahan kimia karena umur dan lamanya penggunaan juga mempengaruhi efek penguningan, yang ada adalah lem yang lebih tahan lama terhadap penguningan, sering juga disebut sebagai non-yellowing epoxy. Kita dapat menggunakan QUV weathering test machine, di dalam mesin ini terdapat lampu UV yang menyala terus menerus untuk mensimulasikan efek yellowing ketika lem terkena eksposure sinar UV dari matahari secara konstan. Untuk mengetahui lebih lanjut cara mesin ini bekerja dapat dilihat disini.


Solusi untuk Memperlambat Efek Penguningan pada Lem Epoksi Resin

Perbedaan lem yang menggunakan light stabilizer(bawah) dan yang tidak(atas) (source: everwide.com.tw)

Untuk memperlambat proses penguningan perlu ditambahkan UV absorber dan light stabilizer pada formula lem untuk mengurangi kerusakan polimer plastik dari eksposur, inilah yang biasa disebut sebagai non-yellowing adhesive atau non-yellowing epoxy.

Berikut merupakan hasil eksperimen yang dilakukan pada produk Everwide, diletakkan pada QUV machine selama 65 jam. Kita dapat melihat dibandingkan dengan lem test group yang tidak menggunakan light stabilizer, mengalami efek penguningan yang lebih parah dibandingkan comparison group yang menggunakan light stabilizer.

Solusi lain yang lebih mudah dengan menggunakan epoksi yang berwarna gelap atau hitam jika warna lem tidak mempengaruhi fungsionalitas lem. Selain itu ada beberapa jenis lem yang tidak mudah mengalami penguningan, misalnya lem akrilik.


Untuk mengetahui contoh produk non-yellowing anda dapat melihat contoh produk Everwide di bawah ini:



Source:

www.everwide.com.tw

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0925346712004089


1 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Cari Berdasarkan Merk

Button
Button

Cari Berdasarkan Aplikasi Produk

2p-epoxy.png
Button
DSC08285-1.jpg
Button

Cari Berdasarkan Tipe Produk

Inner-of-CFM3000_edited.png
Button
Inner-of-CFM3000_edited.png
Button