top of page

Pengetahuan Dasar Super Glue Cynanoacrylate Beserta Mitos Mengenai Perekat CA





Apa itu Lem Super Glue Cyanoacrylate?

Lem super / lem instan / perekat Cyanoacrylate (CA) dapat dengan mudah digunakan pada berbagai jenis bahan. Lem super ini sangat transparan dan cepat kering serta mudah digunakan. Segala macam bahan dapat direkatkan dengan sedikit lem saja. Di Indonesia, lem super banyak digunakan di bidang pertukangan dan kerajinan. Lem super, perekat serba guna, dan lem 502 semuanya adalah nama-nama lem instan, yang juga disebut sebagai perekat Cyanoacrylate, perekat cepat kering, lem gila, dan lem super cepat. Karena sangat kuat dan cepat, lem Cyanoacrylate memiliki umur simpan yang pendek dan hanya sebaiknya dibeli saat dibutuhkan. Umur simpan akan bervariasi tergantung pada jenis produk, lingkungan pembuatan dan penyimpanan. Secara umum, umur simpan adalah sekitar 4 hingga 8 minggu jika sudah dibuka, dan maksimal 12 bulan jika belum dibuka.


Bagaimana Cara Kerja Cyanoacrylate?

Lem super terbuat dari resin akrilik. Bahan utamanya adalah Cyanoacrylate, yang merupakan monomer akrilik yang berubah menjadi bentuk plastik setelah pengerasan. Elemen penting untuk pengerasan adalah kelembaban. Ketika ada kelembaban yang cukup, molekul dalam lem Cyanoacrylate akan bereaksi dengan kelembaban dan membentuk ikatan yang kuat di antara dua permukaan yang bersentuhan. Reaksi ini menghasilkan panas dan terjadi secara instan, yang berbeda dengan perekatan lem tradisional yang terjadi melalui penguapan cairan dasar.

Namun, masih ada mitos tentang perekat CA karena sifat dan keunikan mereka yang tidak biasa. Inilah beberapa mitos mengenai perekat Cyanoacrylate:


1. Sifat yang sama untuk setiap perekat Cyanoacrylate

Perlu dicatat bahwa perekat CA yang ditemukan di toko peralatan keras lokal tidak mewakili kemampuan semua bahan Cyanoacrylate. Produk-produk baru yang ditujukan untuk pasar industri dan teknis telah dikembangkan untuk mengatasi beberapa tantangan historis dan memperluas aplikasi CA. Cyanoacrylates diproduksi dalam berbagai formulasi, masing-masing dengan kekentalan, tiksotropik, waktu pengeringan, kekuatan ikatan, dan karakteristik lainnya. Ada bahan yang tersedia untuk setiap aplikasi, mulai dari pengrajin kayu hobi hingga pembuatan elektronik dan bahan perekat kulit medis kelas tinggi untuk penutupan luka.



2. Rapuh

Meskipun perekat Cyanoacrylate pada umumnya rapuh, produk terbaru saat ini yang dikembangkan membuat lem CA tidak terlalu rapuh. Formulasi yang diperkuat dengan karet mungkin memberikan ketahanan benturan yang lebih baik. Seperti Dibandingkan dengan kelas lainnya, formulasi ini memiliki ketahanan benturan dan kekuatan lepas yang lebih baik, serta waktu pengeringan yang lebih lama sambil diformulasikan khusus untuk mencapai ikatan yang paling kuat antara permukaan non-porus dengan baik. Lem CA menyediakan ikatan yang lebih fleksibel dengan menawarkan ketahanan yang lebih baik terhadap benturan, kelembaban, dan suhu. MXBON 22435 rubber thoughened series dibuat supaya lem CA tidak terlalu rapuh dan mampu bertahan di kondisi lembab.








3. Suhu operasi maksimum rendah - sekitar 80 ˚C

Meskipun kebanyakan lem CA memiliki suhu operasi maksimum yang direkomendasikan sekitar 80˚C, ada beberapa produk di pasaran yang menawarkan ketahanan suhu yang lebih tinggi hingga 200°C, misalnya MXBON 22498 dan 22698 yang didesain mampu bertahan di suhu 150°C.









4. Bau yang tidak sedap

Perekat Cyanoacrylate dikenal dengan bau yang khas. Sangat penting untuk menggunakan CA tradisional di area yang berventilasi baik dan dilengkapi dengan perlengkapan pelindung yang tepat. Metodologi aplikasi yang tepat dapat mengurangi kebutuhan penanganan dan meningkatkan kesehatan dan keselamatan. Namun, tidak semua CA memiliki bau yang kuat; formulasi low-bloom memiliki bau yang rendah.



5. Blooming

Blooming adalah nama yang diberikan pada residu putih yang berkapur yang muncul pada permukaan bagian sebagai hasil dari volatilitas CA. Meskipun blooming tidak berpengaruh pada integritas ikatan, hal ini dapat tidak menarik secara estetika. MXBON 22401,22403,22408,22460 merupakan CA berbasis monomer MECA yang kurang rentan terhadap blooming karena kurang mudah menguap daripada produk ECA. Kemajuan terbaru telah mengembangkan material MECA low-bloom dengan sedikit pengorbanan dan mekanisme pengerasan cahaya tambahan. Ini menggabungkan sifat pengerasan cepat dari CAs berbasis ECA dengan sifat low-bloom dari CAs berbasis MECA.



6. Teknik aplikasi manual saja

Tidak perlu mengaplikasikan CA langsung dari tabung atau botol. Cyanoacrylate dapat diaplikasikan sebagai bagian dari proses manual, semi-otomatis, atau sepenuhnya otomatis, tergantung pada tingkat akurasi dan pengulangan yang dibutuhkan, serta kecepatan aplikasi. Sebagai contoh, untuk teknik aplikasi semi-otomatis dan tepat, Anda dapat menggabungkan pressure pot atau reservoir dengan katup penyemprotan diafragma yang sesuai. Memasang peralatan ini pada robot untuk sepenuhnya otomatis akan menghasilkan metodologi yang memerlukan sedikit intervensi operator. Menemukan pemasok perekat yang juga berpengalaman dengan peralatan aplikasi dan otomatisasi yang relevan adalah kunci untuk menetapkan metodologi aplikasi yang sukses.



7. Tidak dapat mengisi celah

Karena sebagian besar perekat Cyanoacrylate memiliki viskositas yang rendah dan cair, mereka tidak bekerja dengan baik ketika ada celah yang perlu diisi, bagian-bagian tersebut berpori, atau orientasi garis ikatan menyebabkan perekat menetes atau tumpah. Namun, kini CA tersedia dalam berbagai viskositas untuk mengisi celah. Formulasi viskositas tinggi mencegah penggulungan pada permukaan miring atau vertikal selama waktu pengikat 3 hingga 60 detik, memungkinkan pengisian celah hingga 0,5 mm atau lebih, dan meminimalkan penyerapan perekat ke substrat berpori untuk memastikan ikatan yang baik.


8. Tahanan kelembapan dan pelarut yang buruk

Hal ini umumnya benar, dan telah membatasi penggunaannya dalam banyak aplikasi industri di masa lalu. Sebenarnya, lem ini lebih tahan terhadap pelarut non-polar seperti IPA. Dan meskipun mungkin terlihat tidak masuk akal, lem Cyanoacrylate lebih tahan kimia terhadap bensin daripada terhadap air. Namun, kemajuan terbaru dalam kimia menyediakan ketahanan kelembapan yang lebih baik dengan pengurangan kekuatan rekat yang sangat kecil setelah 1000 jam di dalam air dan kompatibilitas yang signifikan lebih baik dengan pelarut polar.


9. Tidak valid sebagai lem struktural

Kekuatan ikatan CA sebelumnya telah terpengaruh oleh suhu dan kelembaban, membatasi penggunaannya dalam aplikasi yang memikul beban. Formulasi canggih, di sisi lain, memiliki ketahanan benturan dan kekuatan yang sangat tinggi. Ini menunjukkan kinerja pengikatan struktural untuk baja, ABS, PVC, fenolik, dan polikarbonat, di antara substrat lainnya, dan memiliki daya rekat yang luar biasa pada aluminium. Ini adalah kandidat yang baik untuk diuji dalam aplikasi industri struktural karena ketahanan suhu, kelembapan, dan pelarut yang lebih tinggi.



Link Product Cyanoacrylate Adhesive Selengkapnya :

https://www.indodispense.com/store?Product=Cyanoacrylate+Adhesive

24 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Cari Berdasarkan Merk

Button
Button

Cari Berdasarkan Aplikasi Produk

2p-epoxy.png
Button
DSC08285-1.jpg
Button

Cari Berdasarkan Tipe Produk

Inner-of-CFM3000_edited.png
Button
Inner-of-CFM3000_edited.png
Button
bottom of page