top of page

Pengetahuan Dasar Perekat AB Beserta Kekurangannya



Perekat AB adalah sebuah nama lain yang umum bagi perekat dengan dua komponen. Perekat ini membutuhkan campuran antara perantara (resin epoksi atau resin silikon) dan bahan pengeras (agen pengering).


Masyarakat banyak yang memilih Perekat AB karena mereka mampu mengering dalam waktu yang cukup singkat di suhu ruang dan mampu mengisi kekosongan yang besar. Namun, masyarakat lebih sering menggunakan perekat jenis ini karena kebutuhan dan bukan pilihan.


Perekat AB secara utama digunakan untuk menyatukan bahan-bahan berkekuatan tinggi, seperti logam, baik yang belum maupun yang sudah diolah, dan bahan komposit seperti plastik berpenguat kaca (GRP + SMC) atau plastik berpenguat karbon (aramid, karbon, CFC) dengan material yang sama ataupun berbeda, serta dengan bahan padat lain seperti keramik atau bahan kaca.



Perekat dengan dua komponen ini sudah terbukti berhasil di berbagai pengaplikasian, seperti:

  1. Konstruksi ringan,baik bahan logam maupun materi komposit

  2. kontstuksi mesin

  3. Teknologi medis

  4. Pintu da gerbang

  5. Alat rumah Tangga

  6. Produksi dengan listrik


Bagaimana cara kerja Perekat AB?

Perekat dengan dua komponen memerlukan cara kerja khusus. Untuk pencampuran dan pengukuran secara manual atau mekanik, bekerja dengan kapsul ganda (atau biasa dikenal dengan kapsul dua sisi) terbukti menjadi teknik yang berhasil. Di dalam kapsul ini, dua komponen tersebut terpisah antara satu dengan yang lain. Terdapat rasio pencampuran dengan rasio 1:1, 2:1, atau 10:1 terbagi sesuai volume, tergantung resep. Dua komponen ini diperas dengan jumlah yang sama melalui tabung pencampur. Campuran tersebut kemudian segera diaplikasikan dengan bahan lain yang ingin disatukan. Setelah bahan kedua dapat disatukan, bagian tersebut hanya perlu diperbaiki ketika perekat sudah mengering.





Kekurangan Perekat AB

Perekat AB memiliki kekurangan yaitu sukar untuk dicampurkan. Cara agar pencampuran perekat AB menjadi lebih mudah dan maksimal adalah menggunakan mixer statis (static mixer).



Solusinya

Mixer statis adalah mixer inline yang mencampur dua media cair hanya menggunakan energi kinetik yang tersedia dalam aliran cairan. Cara kerja dari mixer statis ini adalah dengan memasukkan dua jenis atau lebih cairan dalam suatu tabung yang terdapat elemen mixer statis di dalamnya dan menghasilkan efek turbulensi. Efek turbulensi dari aliran fluida inilah yang mampu mencampurkan cairan di dalamnya secara merata. Mixer statis ini mempunyai keunggulan berupa mempercepat waktu pencampuran karena proses pencampuran dilakukan secara terus-menerus tanpa ada jeda.


Link Product Selengkapnya :


5 tampilan0 komentar

Cari Berdasarkan Merk

Button
Button

Cari Berdasarkan Aplikasi Produk

2p-epoxy.png
Button
DSC08285-1.jpg
Button

Cari Berdasarkan Tipe Produk

Inner-of-CFM3000_edited.png
Button
Inner-of-CFM3000_edited.png
Button
bottom of page